FAQ

Frequently Asked Questions (F. A. Q.)

1. Bagaimana legalitas dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum ″IBLAM″?

Jawab
STIH ″IBLAM″ berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pengembangan Ilmu Hukum dan Manajemen (LPIHM) IBLAM, yang telah memiliki izin Kementerian Pendidikan Nasional RI dengan SK No 95/D/O/1993 dan SK No 78/D/O/1993

2. Apakah benar STIH ″IBLAM″ masuk ke dalam blacklist DIKTI/Kopertis?

Jawab
Tidak ada yang namanya black list Kopertis dan DIKTI. Itu hanya istilah yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. STIH IBLAM berda di bawah koordinasi Kopertis Wilayah 3 sebagai perpanjangan tangan dari DIKTI, yang mengatur dan mengkooridnasikan perguruan tinggi swasta. Sesuai dengan data Pangkalan Data DIKTI (PDDIKTI) yang merupakan acuan sehat atau tidaknya perguruan tinggi dan baik atau tidaknya manajemen pengelolaan perguruan tinggi, bisa dilhat bahwa STIH IBLAM termasuk PTS yang sehat, karena datanya 100% muncul di PDDIKTI.

3. Apa saja program yang tersedia di STIH ″IBLAM″

Jawab
Tersedia program S1 dan S2 ilmu hukum dengan bermacam konsetrasi studi, termasuk: hukum bisnis, praktisi hukum, hukum pidana ekonomi, kebijakan publik, dll.

4. Bagaimana mekanisme pendaftarannya? Apakah semua online?

Jawab
Pendaftaran masih bersifat semi-online. Ada beberapa tahap yang bisa dilakukan online, dan ada beberapa data yang harus diserahkan langsung ke secretariat secara offline (lihat secara lengkap di → Panduan Registrasi

5. Berapa biaya kuliah per semester nya?

Jawab
Biaya kuliah persemester sangat terjangkau. Mulai dari 500 ribuan per bulan untuk S1 dan untuk S2 hanya 5 jutaan

6. Kalau saya mendaftar kuliah di STIH ″IBLAM″ kampusnya dimana?

Jawab
Kamu bisa memilih untuk kuliah di kampus Depok atau Jakarta. Semua tergantung preferensi dan kedekatan lokasi dengan aktifitas kamu. Semua aktifitas terkait perkuliahan dilakukan di kampus Depok atau Jakarta

7. Bagaimana akreditasinya?

Jawab
Kita salah satu sekolah tinggi ilmu hukum yang mendapatkan Akreditasi Baik yaitu peringkat B, baik untuk program S1 maupun S2. Peringkat akreditasi ini penting untuk proses kenaikan jabatan atau dalam mencari pekerjaan.

8. Bagaimana saya bisa tahu STIH ″IBLAM″ itu berkualitas atau tidak?

Jawab
Well, itu pertanyaan yang diajukan oleh setiap calon mahasiswa yang hendak mendaftar ke suatu perguruan tinggi. Kami memiliki beberapa indikator untuk membantu anda. Ada beberapa strategi untuk melihat kualitas sebenarnya dari suatu kampus:

I. Lihat Siapa saja alumni nya.
Kualitas alumni yang baik menunjukkan bahwa kampus tersebut telah dipercaya oleh berbagai kalangan. Kamu harus meneliti bagaimana profil-profil alumni dari kampus tersebut. Selain untuk meyakinkan kamu bahwa lulusan kampus tersebut terjamin kualitasnya, itu juga akan membantu kamu memetakan dunia networking kamu setelah lulus kuliah. Di STIH IBLAM, kami memiliki alumni-alumni yang luar biasa, dari Mulai Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bpk. Zulkarnaen S.H., M.H., Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Hata Ali, S.H., M.H., dan masih banyak lagi.

II. Lihat Akreditasi nya

Ini hal yang standar dalam memutuskan untuk memilih suatu kampus. Akreditasi suatu kampus menjadi indikator seberapa baik kalian akan mendapatkan pengajaran dan bagaimana kualitasnya di pasar kerja nanti. Kampus dengan Akreditasi minimal B adalah syarat penting untuk kamu jika ingin menjadi PNS, pegawai BUMN, dan lainnya. Dan Kamu tidak perlu khawatir, akreditasi STIH IBLAM adalah Baik atau memiliki peringkat B.

III. Lihat bagaimana kualitas kurikulum nya

Meskipun hal ini mungkin sulit bagi kamu untuk menilainya, kualitas kurikulum merupakan hal utama dari suatu perguruan tinggi. Kamu harus teliti mengenai mata kuliah apa saja yang akan diajarkan disana, apakah sesuai dengan perkembangan terkini dan apakah sesuai dengan ekspektasi mu. Di STIH IBLAM, kami menyusun kurikulum berdasarkan standar dari Kementerian RIset dan Pendidikan Tinggi yang menekankan pada aspek kompetensi. Kami juga berfokus untuk membuat kurikulum yang mengedepankan praktek hukum, tidak terlalu teoritis. Ini akan membantu anda untuk mendapatkan karir yang cemerlang di sektor hukum yang berorientasi praktek, seperti pengacara.

IV. Teliti kualitas pengajarnya

Hal yang juga sangat penitng dari kualitas pendidikan adalah siapa pengajarnya. Jika pengajarnya tidak kompeten, sebaik apapun kurikulumnya maka kualitas pengajaran tidak akan maksimal. Di STIH IBLAM para pengajar kami banyak yang lulusan dari PTN terkemuka di Indonesia dan memiliki pengalaman mengajar yang luar biasa sudah senior dan professional di bidangnya. Kebanyakan dosen kami adalah praktisi, seperti pengacara, konsultan, dan pengusaha. Ini akan memberikan nilai tambah di dalam kualitas pengajaran. Bahkan beberapa pengajar kami sudah memiliki banyak pengalaman internasional.

9. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk lulus dari STIH IBLAM, baik program S1 maupun S2?

Jawab
Kami selalu mendorong agar mahasiswa/I bisa lulus tepat waktu. Karena kami memiliki teknik penyusunan kurikulum yang baik dan disesuaikan dengan kapasitas Mahasiswanya, maka rata-rata mahasiswa/i kami lulus tepat waktu, yaitu S1 sekitar 4 tahunan, dan S2 sekitar 2 tahun. Mahasiswa/i dapat menempuh waktu yang lebih pendek disesuaikan dengan indeks prestasinya